Kamis, 06 Maret 2008

Tips mengamankan komputer dari Virus Trojan

Komputer tanpa virus mustahil, karena perkembangan virus selalu lebih maju dari pada anti virusnya (virus doloe baru anti virus ‘tul nggak) so…. Selalu virus lebih maju selangkah dari pada anti virus. Pada umunya algoritma virus hamper sama semua hanya saja spesifikasinya berbeda, ada yang menyerang ke file dan ada yang menyerangnya ke system operasi, bagaimana dengan virus2 lokal, nah untuk firus local pun demikian ada yang menterang ke MBR ada yang ke system di windows ada juga yang nyerang ke file2 tertentu aja yang intinya hanya satu yakni mengganggu kenyamanan aja seh.

Seiring perkembangan virus maka para vendor anti virus terus maju dan lebih kreatif dengan bermodal pengalaman banyak dari mereka membuat software anti virus berdasarkan jenis dan karakter2 dari virus namun tdk ada yang dapat menjamin suatu software anti virus dapat melindungi computer dari serangan virus jadi kita sebagai userpun harus lebih hati2 dalam menggunakan computer berikut beberapa tips dalam menjaga computer anda agar tdk mudah terserang virus.

GTips (Gaptek Tips)

1. Gunakan anti virus, dan secara periodic lakukan update agar jika terdapat virus2 baru dapat di kenali dan di identifikasi olehnya sangat di sarankan agar anda menggunakan software anti virus.
2. Batasi penggunakan Floopy Disk Drive, USB Disk Drive dan akses Internet (Browsing, Attch File, Chating dengan bot script. Sebab paling sering di jumpai penyebaran virus melalui disket dan USB Drive serta file2 attch.
3. Waspada dalam melakukan instalasi pada program2 freeware dengan iming2 program gratis, sebab sangat rentan akan penyusupan virus pada program2 gratisan.
4. Lakukan Scaning berkala pada Harddisk anda.
5. kenali benar Windows atau Operating system sebab saat ini computer local sering terinfeksi virus dikarenakan banyak user yang belum paham benar semisal karakter2 file atau system yang mulai aneh hal ini bias saja diakibatkan oleh virus.
6. Waspada pada file2 aneh seperti File executable tapi berbentuk folder, file attch email yang di minta merename dan menjalankannya, dsb. .

0 komentar:

Sign by Danasoft - For Backgrounds and Layouts

Sign by Danasoft - Myspace Layouts and Signs